Feri Fren, S Pd.MM

Feri Fren, S.Pd.MM (Widyaiswara LPMP Sumatera Barat) Lahir di Sintang pada tanggal 23 Maret 1969. Alumni IKIP Padang Jurusan Fisika Tahun 1991. Melanjutkan pen...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sosok Guru yang Dirindukan

Sosok Guru yang Dirindukan

SOSOK GURU YANG DIRINDUKAN

Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)

Bahagia sekali hati ini rasanya ketika kita sebagai seorang guru jika kehadiran kita di kelas sangat dirindukan oleh peserta didik. Jika pada suatu hari kita tidak datang ke sekolah, keesokan harinya peserta didik akan bertanya, kenapa bapak/ibu kemaren tidak hadir, kami sudah rindu belajar sama bapak/ibu.

Sosok guru yang dirindukan oleh peserta didik adalah pekerja keras, tidak egois, tidak mementingkan diri sendiri dan memahaami karakteristik peserta didiknya. Dia akan selalu memberikan perhatian yang sama kepada setiap peserta didik yang diajarnya. Meskipun guru tidak mendapatkan imbalan apa-apa secara langsung dari peserta didik atas ilmu yang diberikannya, namun ia menjadi salah satu aktor penting dalam kesuksesan belajar peserta didiknya. Ia menaburkan serbuk-serbuk ilmu yang ia punyai agar ilmunya nanti dapat berbuah kesuksesan bagi peserta didiknya (Kurniasih, 2012).

Untuk menjadi guru yang di rindukan oleh peserta didik tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh seorang guru. Pertama, kreatif. guru yang kreatif adalah guru yang profesional. Guru yang bisa memanfaatkan segala macam cara yang bermanfaat dan memudahkan peserta didik dalam menerima materi pelajaran yang disampaikannya. Pembelajaran yang dilakukan disertai dengan humoris tanpa ada rasa tekanan bagi diri peserta didik.

Kedua, merangsang suasana belajar , proses pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif dan menantang. Hal ini sesuai dengan tuntuntan permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses. William Arthur Ward membagi empat macam tipe guru dalam mengajar, yakni guru biasa-biasa saja, guru yang baik, guru yang pintar dan guru yang bisa menyemai inspirasi bagi peserta didiknya. Guru yang bisa menyemai inspirasilah yang akan membuat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik dan merangsang peserta didik untuk belajar.

Agar seorang guru dapat mengajar dengan baik, sudah tentu harus membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP yang baik adalah yang lebih kontekstual sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi. Memilih metode, model dan pendekatan dalam pembelajaran efektif menjadi bagian yang mendasar agar pembelajaran yang direncanakan bisa lebih interaktif dan menyenangkan. Suasana pembelajaran yang dilakukan akan terasa lebih hidup dan bergairah.

Ketiga, bahasa yang komunikatif. Kemampuan berbahasa termasuk salah satu faktor kesuksesan seorang guru dalam mengajar. Seorang guru yang mampu melakukan komunikasi dengan baik dan efektif akan bisa membuat peserta didik mengerti terhadap apa yang di terangkannya. Penyampaian materi pelajaran dengan suara yang jelas ditambah dengan intonasi yang pas akan bisa membuat peserta didik lebih paham dan mengerti terhadap materi yang disampaikan.

Keempat, disiplin dan keteladanan yang tinggi. Guru adalah sosok panutan peserta didik, keteladanan dan disiplin merupakan faktor pembentuk karakter peserta didik. Disiplin bukan hanya terbatas dalam hal waktu saja, lebih dari itu disiplin menyangkut juga dengan masalah perilaku. Guru yang memiliki disiplin yang tinggi akan berusaha datang ke sekolah lebih awal. Selain itu, guru tersebut juga akan memperhatikan penampilannya sebagai seorang guru, bukan penampilan sebagai seorang selebritis. Peserta didik akan lebih segan dan patuh terhadap guru yang disiplin dan berpenampilan sebagai seorang guru.

Kelima, memilki rasa sabar dan kasih sayang dalam mengajar. Sebagaimana yang kita ketahui, peserta didik dalam satu kelas berbagai macam ragamnya. Ada peserta didik yang memiliki daya serap dan daya ingat yang tinggi, namun ada pula yang rendah. Untuk itulah sangat diperlukan sekali kesabaran dan rasa kasih sayang dari seorang guru dalam mengelola pembelajaran terhadap peserta didik.

Keenam, bersikap demokratis. Seorang guru yang dirindukan oleh peserta didk harus memiliki sikap mau menerima dengan lapang dada jika ada peserta didik yang bertanya atau memberikan saran terhadap dirinya. Guru tidaklah manusia super, gurupun mempunyai keterbatasan dan kekurangan. Untuk itu guru harus memahami bahwa guru dan peserta didik memiliki hak yang sama dalam proses pembelajaran. Guru dalam posisi mengajar sementara peserta didik dalam posisi belajar.

Ketujuh, tidak pilih kasih, dalam hal memperlakukan peserta didik seperti memberikan pertanyaan dan menjawabnya, seorang guru harus memperlakukan peserta didik dengan sama tanpa pilih kasih. Betapapun sayangnya seorang guru pada seorang peserta didik, bahkan di kelas itu ada anak kandung dari guru itu sendiri yang diajarnya, guru tersebut harus memberikan perhatian dan perlakuan yang sama terhadap seluruh peserta didik yang ada di dalam kelas tersebut.

Kedelapan, tidak gagap teknologi, peserta didik akan merasa lebih kagum apabila melihat gurunya memiliki keterampilan dan pengetahuan yang lebih dari pada dirinya. Untuk itu sangat dituntut guru yang bisa mengikuti perkembangan teknologi. Misalnya bisa mempergunakan komputer dan internet. Kalau seorang guru telah bisa mempergunakan komputer dan internet, dia akan bisa mencari bahan ajar yang terkini dan kontekstual. Gurupun akan bisa menyampaikan materi pelajaran dengan multi media dan multi metoda. Pembelajaran yang disampaikannya akan lebih bervariatif. Berusahalah untuk menjadi guru yang selalu dirindukan oleh peserta didik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih ilmunya,.Pak

29 May
Balas

Terima kasih ilmunya pak.. Semoga bermanfaat bagi kami para guru

29 May
Balas

Supaya bisa menjadi sosok guru yang dirindukan, mari kita miliki 8 ciri- ciri tersebut dan aplikasikan dalam melaksanakan tugas sehari- hari. Mks Pak, semoga sukses selalu!

29 May
Balas

Terimakasih Pak, Bapak segarkan lagi ingatan kami dan Bapak tambah yang kurang kami miliki/kurang kami ketahui sebelumnya. Mpga kami para guru bisa menjadi guru yang dirindukan siswa-siswanya. Aamiin.Mantap Pak.

29 May
Balas

Terima kasih ilmunya pak

29 May
Balas

Semoga saja kita menjadi guru yang dirindukan

29 May
Balas

Waahhh, pagi-pagi sudah dapat ilmu. Jadi guru memang pekerjaan yang sulit sulit gampang, yang kadang diremehkan oleh orang lain. Padhal untuk bisa menjadi guru yang baik saja kadang kita membuang masalah kita dulu jauh-jauh dari pikiran kita, agar bisa fokus pada peserta didik.

29 May
Balas

Semoga kita semua jadi guru yang dirindukan yang , berusaha memiliki ciri2 yang 8 itu pak...Aamiin

29 May
Balas

Mantap pak

29 May
Balas



search

New Post